Jumat, 20 Juli 2012

Beberapa pengertian geografi ヾ(´^ω^)ノ♪


bagi yang belum tau apa itu geografi saya posting nih beberapa pengertian yang saya rangkum dari mbah gugel
selamat menikmati
(*'^)(^ω^*)

  • Geografi berasal dari dua kata, yaitu geo berarti bumi dangraphien berarti tulisan. Secara etimologi, geografi berarti tulisan tentang bumi. Dalam geografi kita akan mengenal semua yang terjadi di atas bumi, dibawah permukaan bumi, bahkan di angkasa dapat kita selidiki dan dipelajari melalui pelajaran geografi. Alat yang paling menunjang dalam pelajaran geografi adalah peta. Dengan peta kita bisa melihat kenampakan bumi secara keseluruhan. 
  • Geografi merupakan ilmu yang mempelajari atau mengkaji bumi dan segala sesuatu diatasnya,seperti, penduduk, flora, fauna, iklim, dan segala fenomena yang terjadi dipermukaan bumi. 
  • Secara tata bahasa geografi berasal dari bahasa Yunani dari asal kata geo yang artinya bumi dan graphein yang artinya melukiskan, menceritakan, atau menguraikan tentang bumi (geosfer). 
  • Menurut Prof. Bintarto (1981), geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik mapun menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan. 
  • Berdasarkan hasil seminar dan lokakarya Ikatan Geografi Indonesia (IGI) di semarang (1988,) dinyatakan bahwa pengertian dan batasan geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan gejala alam dan kehidupan di muka bumi (gejala geosfer) serta interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan. 
  • Menurut Strabo (1970) geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu, dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Konsep ini disebut natural Attribute of Place. 
  • I Made Sandy, geograf dari UI mengatakan bahwa geografi adalah ilmu yang berusaha menemukan dan memahami persamaan dan perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi. 
  • Menurut Ferdinan Von Ritchoffen, geografi adalah studi tentang gejala dan sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala dan sifat-sifat itu.

0 komentar:

Posting Komentar